IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI SUMBER BELAJAR DAN BANK SOAL

 

Jum'at, 05 November 2021 (09.00 WIB)
Assalamualaikum
Hallo Sahabat Rumah Belajar.

Saya selaku Guru Mata Pelajaran Agama Islam SDN Ramang Kecamatan Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau mengadakan Zoom Meeting bersama siswa Saya. Mereka adalah siswa kelas VI (enam).


Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau untuk saat ini belum mengizinkan Pembelajaran Tatap Muka dan keadaan alam di lingkungan sekolah sedang tidak mendukung karena banjir akibat luapan air sungai dan hujan yang teus menerus.

Saya berinisiatif untuk melakukan Zoom Meeting yang tetap didampingi oleh orang tua siswa. Alhamdulillah semua hadir, karena dalam satu kelas itu hanya ada 3 orang siswa yang beragama Islam.

Hal pertama yang Saya lakukan adalah menyapa mereka, membaca do'a belajar, dan menjelaskan tujuan dari diadakan nya Zoom Meeting ini adalah untuk mengenalkan Portal Rumah Belajar karena mereka belum tahu sama sekali tentang Rumah Belajar. 

Akses dari kota ke tempat tugas saya dapat ditempuh selama 1,5 jam melalui jalur darat. Jarak antara jalan utama dengan desa itu sekitas 4 kilometer. Letak sekolah di bawah perbukitan sehingga mengakibatkan jaringan intenet yang sangat sulit untuk di akses. 

Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam saya melakukan Blinded Learning dengan melakukan Pembelajaran Luar Jaringan (Luring) dan Dalam Jaringan (Daring).

Pada saat Pembelajaran Luring saya memberikan lembaran tugas dan memperlihatkan kepada siswa Media Pembelajaran Interaktif (MPI) yang telah saya olah dan memperlihatkan Sumber Belajar yang berasal dari Portal Rumah Belajar yang sudah saya unduh.

Hanya ada beberapa siswa yang behasil saya kunjungi. Karena beberapa siswa lain bertempat tinggal di sebrang sungai yang masih sangat jauh, sehingga saya kesulitan untuk menjangkau. 

Dengan adanya Portal Rumah Belajar, siswa mulai tetarik untuk mengakses aplikasi Rumah Belajar dengan video pembelajaran yang bervariasi.

Belajar bersama Rumah Belajar, belajar dimana saja kapan saja dengan siapa saja.

Dapat dilihat pada Vlog implementasi Portal Rumah Belajar


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI SUMBER BELAJAR DAN BANK SOAL"

Posting Komentar